Kuliner Takoyaki Yang Khas Terbuat Dari Gurita

Di jaman sekarang ini banyak anak-anak dan remaja yang keranjingan segala macam kebudayaan pop Jepang. Mulai dari lagu-lagu Jepang, komik Jepang, berpakaian dan berdandan ala Jepang yang biasanya tergabung dalam arena cosplay dan juga kuliner Jepang. Awalnya cosplay tersebut sebetulnya berasal dari Amerika yang mempertontonkan lomba berbusana dan berakting seperti para tokoh dalam film maupun komik.

Tetapi lama-kelamaan justeru malah cosplay Jepanglah yang merajai dunia anak muda. Dan tidak hanya costumnya saja namun juga termasuk kulinernya yang sering muncul dalam film kartun Jepang ataupun komik Jepang pun juga dimunculkan. Biasanya berbagai kuliner ringan ala Jepang bermunculan dan digandrungi di sini. Mulai dari es krim teh hijau Jepang hingga segala macam kuliner kue dan permen khas yang terbuat dari apel yang dilumuri dengan gula wangi beku sampai dengan kuliner nasi kari khas Jepang.

Kini kita khusus membicarakan mengenai kuliner ringan yang terbuat dari daging gurita. Namanya adalah Takoyaki. Kuliner khas jajanan Jepang ini penyajiannya sungguh menggiurkan dengan ditusuk memakai sebatang lidi. Selain itu bungkus kertasnya pun menarik berbentuk kantung kertas kecil dengan pinggiran yang bergerigi dan ada gambar dan tulisan kanji berwarna-warninya.

Sebetulnya kuliner Takoyaki adalah sangat sederhana. Dia sangat mirip dengan bakwan goreng. Terbuat dari adonan tepung terigu tang telah bercampur dengan cincangan daging gurita mentah dan beberapa bumbu dan irisan sayuran. Adonan encer tersebut lalu digoreng di wajan yang berbentuk cetakan bulatan-bulatan kecil yang telah dilumuri sedikit minyak. Setelah agak matang maka kuliner jajanan remaja tersebut mulai melembung berisi udara panas lalu si juru masak segera membaliknya agar sisi yang satunya lagi juga bisa dimatangkan. Setelah matang maka jadinya nyaris bulat sempurna dan lalu ditusuki dengan sebatang lidi sebagai pegangannya lalu ditaruhlah di dalam kantung-kantung kertas kecil yang menarik tadi. Rasa Takoyaki manis, gurih dan rebyah sehingga cocok sebagai kuliner camilan ringan yang bisa dinikmati sambil nonton pameran atau pasar malam.

Itulah pandainya bangsa Jepang dalam mempopulerkan kuliner teradisionalnya agar ngepop ke seluruh dunia sama seperti hamburger dan hotdog yang berasal dari barat. Apalagi penyajiannya yang menarik disertai dengan bungkus yang lucu dan gerai penjualnya yang juga bersih dan berwarna-warni. Sebetulnya jika mau maka kuliner jajanan kampong kita pun juga bisa demikian seperti bakwan goreng atau tahu dan tempe goreng serta combro dan pisang goreng. Asalkan pengemasannya dan gerainya harus bersih dan menarik dan sisipkanlah jajanan kuliner tersebut di ajang atau momen-momen internasional pastilah lambat laun akan menjadi terkenal.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s